Breaking News
Home / Berita / Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Sekolah Kab. Sinjai Tahun 2022/2023 berlangsung Spektakuler.

Grand Final Pemilihan Duta Lingkungan Sekolah Kab. Sinjai Tahun 2022/2023 berlangsung Spektakuler.

Senin, 28/11/2022. Sinjai. Pemerintah Kabupaten Sinjai akhirnya menetapkan Duta Lingkungan Sekolah Tingkat SD/MI dan Tingkat SMP/MTS Se-Kab. Sinjai tahun 2022/2023 pada malam Grand Final di panggung utama gebyar UMKM lapangan Sinjai Bersatu Kabupaten Sinjai.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kab. Sinjai, Ramlan Hamid dalam laporannya mengatakan “duta lingkungan sekolah merupakan perwakilan beberapa sekolah terpilih yang memiliki pengetahuan dan berperan aktif dalam bidang lingkungan hidup, mereka nantinya diharapkan menjadi penggerak serta mampu membangun komunitas masyarakat yang peduli lingkungan, selanjutnya “Duta Lingkungan hidup sekolah kedepannya hadir dalam perannya sebagai ujung tombak yang secara garis besar bertugas menyuarakan gagasan tentang lingkungan baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat luas”.

Ramlan juga menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan berkolaborasi dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, dan Kemenag Kab. Sinjai serta di dukung oleh Tim Macca Kab. Sinjai, Gramedia, dan Erlangga dengan mengusung Tema “Generasi Muda Peduli Lingkungan”.

Sementara itu, penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa berharap duta lingkungan sekolah yang terpilih nantinya bisa menjadi pioneer dan ujung tombak dari sekolah maupun pemerintah dalam menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kita berharap duta lingkungan sekolah akan memberikan edukasi dan pengaruh untuk teman-temannya serta bapak/ibu guru di sekolah mengenai pentingnya kepedulian lingkungan ” ujarnya saat membuka kegiatan tersebut.

Andi Jefrianto Asapa yang didaulat menjadi Juri Kehormatan juga menambahkan, duta lingkungan sekolah merupakan hal yang positif bagi anak-anak sekolah, hal ini juga sejalan dengan program sekolah adiwiyata Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan program yang dikembangkan Menteri Pendidikan dan Ristek yaitu sekolah penggerak, dimana didalamnya bagaimana membina karakter anak.

“Para peserta duta lingkungan sekolah agar dapat menjadi pioneer lingkungan yang terbaik di Kabupaten Sinjai,minimal di lingkungan sekolahnya sehingga semua bisa menjadi contoh” imbuhnya.

Malam grand final pemilihan Duta lingkungan sekolah ini juga turut dihadiri Asisten Adminsitrasi Umum Setdakab Sinjai Haerani Dahlan yang didaulat sebagai Juri Kehormatan, Kepala kemenag Kab. Sinjai H.Jamaris, Para Kepala Sekolah Finalis dan Para Guru Pendamping finalis serta Tim Juri.

Kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Sekolah Tahun 2022/2023 ini, kata Ketua panitia Syamsul Qamar Ahmad bahwa kegiatan ini telah berlangsung selama dua bulan sejak bulan oktober tahun 2022 yang dilakukan melalui tiga tahap penilaian, yakni tahap pertama pembekalan materi dan evaluasi dan tahap kedua penilaiaan video kampanye. Dari hasil penilaian tahap 1 dan 2 terpilih finalis Tingkat SD/MI kategori putri 5 orang dan kategori putra 5 orang serta Tingkat SMP/MTs kategori putri 5 orang dan kategori putra 5 orang.

“Dari hasil penilaiaan Tim Juri pada tahap pertama dan kedua, terpilih dua puluh finalis, finalis inilah yang berhak mengikuti Tahap selanjutnya yakni tahap ketiga membuat kerajinan kreasi Daur Ulang, mempresentasekan karya ilmiah tentang lingkungan dan kreasi Daur Ulang yang telah dibuat serta pementasan bakat yang dipusatkan di Lapangan Nasional Jln Persatuan Raya, Sinjai. Selanjutnya para finalis mengikuti Malam Grand Final pemilihan duta lingkungan sekolah senin, (28/11/2022) malam.
Adapun keseluruhan jumlah peserta pemilihan duta lingkungan sekolah Kabupaten Sinjai Tahun 2022/2023 sebanyak 56 orang yang berasal dari tingkat SD/MI 16 orang, dan tingkat SMP/MTs 40 orang ” jelas Syamsul Qamar Ahmad.

Syamsul Juga menyebutkan, kegiatan ini di sponsori oleh Elite Director Gusniati Tupperware Sinjai, Roti As, Bank Sulselbar, Klinik Restu Ibu, Akbar Bangunan, CV Mifta Konsultan, Yastin Catering, Be Clean Sinjai, CV Mandiri Pratama Putra, Bengkel Achalik Motor, Nisbah Ridwan Make Up artis dan Bridal House, Raline Laoundry, Bank BTPN, Klinik An-Nur, Yapdesi, Warung Nikmat, Hotel Sandika serta Makita Project.

Adapun Daftar Pemenang Duta Lingkungan Sekolah yaitu :

Tingkat SD/MI Kategori Putri :
Juara 1 : Diva Queenara Zhafira ( SDIT Thoriqul Jannah)
Juara 2 : Atifah Usman (SDIT Wahdah Islamiyah)
Juara 3 : Zay Mayzidah Yusuf ( SDN 103 Bontompare)
Best Intelensi : Reski Awalia ( MIN 1 Sinjai)
Best Performance : Andi Khalijah Ahmad ( SDN 84 Mangngarabombang )

Tingkat SD/MI Kategori Putra :
Juara 1 : Muh. Syaibah Takdir ( SDIT Thoriqul Jannah)
Juara 2 : M. Ravief Radithya Kahar(SDIT Wahdah Islamiyah)
Juara 3 : Ahmad Asyraf ( SDN 31 Panaikang)
Best Intelensi : M. Abzari Farhat Fuada ( SDN 103 Bontompare)
Best Performance : Muh. Rezki Fajar ( MIN 1 Sinjai)

Tingkat SMP/MTS Putri :
Juara 1 : Purnama Wasmar ( SMPN 16 Sinjai)
Juara 2 : Nurlaeli Fitrah Ramadhan(SMPN 7 Sinjai)
Juara 3 : Airah Ayudiah Putri ( SMPN 5 Sinjai)
Best Intelensi : Aqila Dhaafiyah Daffa ( SMPN 1 Sinjai)
Best Performance : A. Lidya Salim Kantao ( SMPN 13 Sinjai)

Tingkat SMP/MTS Putra :
Juara 1 : Muhammad Haikal ( SMPN 7 Sinjai)
Juara 2 : Amar Fauzan Adhim (SMPN 2 Sinjai)
Juara 3 : Andi Anugrah ( SMPN 15 Sinjai)
Best Intelensi : Hairil Akbar ( MTSN 1 Sinjai)
Best Performance :A. Muh. Rayhan Alkautsar ( SMPN 1 Sinjai)

Juara Like Terbanyak yaitu :
Sandi (SMPN 12 Sinjai)

(ardan)

About admin

Check Also

DLHK Dukung Program Peningkatan Kapasitas Perempuan Kaum Disabilitas Masyarakat Adat oleh HWDI

Senin (05/02/2024) bertempat di ruang rapat DLHK, Kepala Dinas Lingkungan Hidup menerima kunjungan audiensi dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *